Apa Ada Ketentuan Desain Website dengan Photoshop?

Apa Ada Ketentuan Desain Website dengan Photoshop?

Untuk membuat suatu website, Anda perlu untuk memiliki desain websitenya sebagai patokan. Desain website ini bisa dibuat menggunakan photoshop. Namun, untuk membuat desain website dengan photoshop adakah ketentuannya?

Standar Minimal Desain Website di Photoshop

Agar hasil desain website dengan photoshop memuaskan dan rapi, setidaknya Anda harus memperhatikan standar berikut ini:

Apa Ada Ketentuan Desain Website dengan Photoshop?
Apa Ada Ketentuan Desain Website dengan Photoshop?
  • Resolusi 72 dpi

Resolusi sebesar 72 dpi adalah resolusi standar tampilan monitor. Kenapa tidak lebih besar? Karena Anda hanya akan menggunakannya untuk website dan tidak dicetak.

Besar kecilnya resolusi ini akan berpengaruh pada font ataupun elemen yang digunakan. Jadi, sebaiknya atur dari awal resolusinya sebesar 72 dpi saja.

  • RGB

Ada RGB dan ada CMYK, manakah yang harus dipilih? Jika Anda menggunakan untuk monitor saja seperti desain web, gunakan pengaturan RGB saja. Selain itu, jangan lupa centang bagian only web ya.

  • Ukuran Lebar Konten Max 1000 px

Jika Anda membuka photoshop, biasanya ada pilihan ukurannya. Ada pula yang beberapa langsung meminta Anda memasukkan ukurannya.

Dalam pemilihan ukuran ini, sebaiknya, maksimal lebar konten website adalah 900-1000 px. Kenapa harus maksimal 1000 px? Ini karena ukuran monitor umumnya adalah 1024 x 768 px.

Jika Anda menggunakan resolusi yang lebih besar dari itu, takutnya, konten seperti artikel, video, foto akan terpotong. Jadi, agar tidak terpotong di semua jenis komputer, sebaiknya gunakan lebar konten maksimal 1000 px.

(baca juga: MOU pembuatan website)

  • Grid

Sebagian orang langsung membuat desain website tanpa grid dan ada pula yang menggunakan grid. Grid ini dapat Anda gunakan sebagai garis bantu. Jadi, Anda bisa menata elemen desain dengan komposisi dan penempatan yang pas.

Apakah harus digunakan? Tidak kok.

Selama mampu membuat layout yang konsisten dan penempatan yang pas, tidak melenceng, bengkok atau lainnya, grid bisa diabaikan.

  • Manajemen Folder dan layer

Sebagai seorang desainer, Anda harus menyimpan dan menata folder dan layer dengan rapi. Ini harus dilakukan terutama jika Anda bekerja secara tim dan bukan hanya Anda sendiri yang mengerjakan layout tersebut.

Fungsi dari management layer dan folder ini sebenarnya untuk mempermudah Anda dalam pembuatan desain. Jadi, ketika di akhir pembuatan desain ada yang harus dibenahi, Anda bisa langsung menuju ke bagian tersebut.

Untuk penamaan dan penataannya, tergantung Anda sendiri. Beri nama folder dan layer dengan nama yang mudah untuk dipahami.

Dengan cara tersebut, desain website dengan photoshop bisa dibuat dengan hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk menaruh semua file desain pada 1 folder yang sama ya. Dengan begitu, ketika ada perubahan atau pembuatan desain website, Anda bisa langsung mencari file-nya dan mengedit.