Bagaimana Cara Bikin Website dengan Dreamweaver?

Bagaimana Cara Bikin Website dengan Dreamweaver?

Dreamweaver termasuk sebagai salah satu software yang digunakan untuk membuat website. Di software ini, Anda bisa menggunakan tools dan fitur seperti Creative Cloud untuk membuat dan mengembangkan website. Lantas, bagaimana cara bikin website dengan Dreamweaver?

Instal Lebih Dulu

Sebelum Anda membuat website dengan menggunakan Dreamweaver , maka Anda harus menginstal terlebih dahulu. Akan lebih baik jika Anda menggunakan Adobe Dreamweaver CC karena di software ini, fitur sudah lebih lengkap. Dengan begitu, produktivitas Anda juga akan terjaga.

Setelah itu, pelajari fiturnya lebih dahulu. Bila perlu, pahami dimana letak fitur yang bisa Anda gunakan untuk membuat website. Jadi, Anda akan lebih mudah untuk belajar membuat website.

Ada beberapa fitur pembuatan website di Dreamweaver yang perlu Anda tahu, yaitu:

  1. Syntax highlighting.
  2. Code completion.
  3. CSS documentation.
  4. Bootstraps 4.
  5. Git support.
  6. Preview browser real time.
  7. Creative cloud libraries.
  8. Chromium embedded framework.

Tutorial Singkat Membuat Website dengan Dreamweaver

Setelah Anda tahu fiturnya, Anda bisa mencari referensi untuk membuat website dengan Dreamweaver, Cara membuat website dengan Dreamweaver, yaitu:

  • Buka Dreamweaver Anda.
  • Buka menu site > new site di bagian dashboard. Di bagian site name, Anda bisa memilih website atau file yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk meletakkan seluruh file yang digunakan dalam 1 folder untuk mempermudah proses pembuatan dan pengelolaan website.
  • Jika ingin mengunggah gambar, klik advanced setting > local info. Klik salah satu misalnya document dan enable cache. Setelah itu, klik save.
  • Untuk membuat file homepage, pilih, file > new > new document dan pilih HTML > create. Di file ini, Anda tidak perlu memberikan judul dokumen.
  • Nantinya, Anda akan diaragkan ke lembar kerja berwarna putih dengan barisan kode HTML. Kemudian simpan dengan nama index.html.  Pastikan jika Anda meletakkan file ini di folder situs yang Anda buat.
  • Untuk membuat header, klik halaman putih atau dengan elemen <body> di bagian editor.
  • Lalu klik insert di kanan atas > header. Klik atau drag and drop header ke lembar kerja. Nantinya header akan ditambahkan secara otomatis. Tandai text lalu buka insert > heading: H1.
Bagaimana Cara Bikin Website dengan Dreamweaver?
Bagaimana Cara Bikin Website dengan Dreamweaver?
  • Untuk menambahkan navigasi home, Anda bisa klik insert > navigation kemudian tulis navigation sebagai ID > ok.
  • Sedangkan untuk menambahkan elemen konten, klik insert > hyperlink > ok.
  • Untuk bagian deskripsi website, tambahkan baris terlebih dahulu lalu klik insert > header: H2 > paragraph.
  • Jika Anda hendak membuat deskripsi dengan bullet point, klik insert > unordered list. Sedangkan untuk list item, klik insert > list item.

Itulah tutorial singkat untuk cara membuat website dengan Dreamweaver mulai dari tahap awal hingga deskripsi website. Semoga informasi ini bisa membantu Anda. Jangan lupa, klik artikel ukuran foto IG yang tepat agar wawasan Anda semakin bertambah.