Cara Desain Logo di Photoshop untuk Pemula

Cara Desain Logo di Photoshop untuk Pemula

Untuk membuat desain logo, maka Anda bisa menggunakan software desain seperti photoshop. Cara desain logo di photoshop juga terbilang mudah. Namun, Anda perlu menyiapkan space yang cukup besar agar proses desain Anda bisa berjalan dengan baik.

Setelah itu, Anda perlu menyiapkan sketsa desain logo agar bisnis mudah dikenal. Sketsa inilah yang akan Anda jadikan sebagai acuan untuk membuat logo.

Cara Buat Logo di Photoshop

Ada banyak cara desain logo di photoshop karena masing-masing orang punya style dan cara yang berbeda. Namun, Anda tetap harus 5 kunci penting berikut ini saat desain logo di photoshop:

Cara Desain Logo di Photoshop untuk Pemula
Cara Desain Logo di Photoshop untuk Pemula
  • Membuat Dokumen

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat dokumen. Tanpa ini, Anda tidak bisa membuat logo atau gambar apapun.

Caranya adalah buka photoshop > file > new. Anda bisa memilih 1000 x 1000 px. Sebagai catatan, karena photoshop bukan software vector, maka buat ukuran yang agak besar. Dengan begitu, ketika diperbesar, gambar tidak akan pecah.

Set background transparan dengan resolusi 300 px dan RGB color 8 bit. Jika sudah, klik ok.

  • Menambah Layers

Untuk membuat logo, maka Anda harus menambahkan layer untuk per bagiannya. Misalnya lingkaran layer 1, tulisan layer 2, kotak layer 3.

Kenapa layernya harus dibedakan? Agar Anda lebih mudah untuk mengedit logonya. Jika Pun ada yang salah, Anda hanya perlu mengganti 1 bagian saja dan bukan keseluruhan logo.

Untuk menambahkan logo, Anda bisa klik icon di kanan bawah dan pilih add new layer atau Shift + CTRL + N. Untuk menggandakan layer, tekan ctrl + J. Sedangkan untuk menggabungkan semua layer, Anda bisa tekan ctrl + E.

  • Menambahkan Gambar

Dalam membuat logo, Anda bisa menambahkan gambar ataupun menggunakan tulisan sepenuhnya. Jika Anda hanya bisa menggunakan dan mengedit tulisan saja, maka fokus pada logo dengan tulisan.

Jika pun Anda ingin hasilnya lebih maksimal misalnya ada gambar icon-nya, gunakan jasa profesional. Tak perlu ragu atau malu  apalagi jika logo tersebut Anda gunakan untuk keperluan bisnis.

  • Pilih Text

Jika Anda menggunakan text pada logo Anda, pilih text yang tepat. Hindari untuk menggunakan text gratis. Sebisa mungkin gunakan text custom agar logo Anda berbeda dengan yang lainnya. Jika pun Anda mendownload text custom, pilih apakah text tersebut berbayar atau tidak agar Anda tidak mengalami masalah hukum.

Edit warna text tersebut agar logo menjadi lebih menarik. Perhatikan juga spasinya agar ada white space dan tulisan lebih terlihat.

  • Tambahkan Efek

Coba tambahkan efek. Mulai dari shadow hingga tekstur pada logo Anda agar terlihat menarik. Namun, hindari menggunakan efek yang terlalu banyak karena bisa membuat  logo kurang menarik.

Dengan cara desain logo di photoshop tersebut, Anda bisa berkreasi semau Anda. Namun, tetap sebisa mungkin jangan menyamai logo yang sudah ada apalagi untuk keperluan bisnis ya.