Cara membuat logo sendiri

Cara Membuat Logo Sendiri untuk Bisnis Skala Kecil

Cara membuat logo sendiri semakin banyak dicari oleh para pebisnis. Terutama dalam skala kecil dengan kemampuan finansial yang belum mencukupi untuk membayar biaya jasa desain profesional. Banyak orang berusaha membuat logo, tetapi terhenti akibat keterbatasan kemampuan dalam desain grafis. Memang, desain grafis bukan bidang keahlian yang bisa dikuasai dalam waktu semalam.

Untungnya, saat ini sudah banyak aplikasi praktis yang mudah digunakan oleh pemula. Aplikasi-aplikasi semacam ini menawarkan fitur lengkap dengan cara pakai yang lebih cocok untuk pemula. Tentu saja Anda perlu mengetahui kriteria desain logo, kami sarankan untuk mempelajari dasar-dasarnya di https://www.sribu.com/id/logo-design. Kemudian, lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

 

Cara Membuat Logo Sendiri

 

Tentukan Ide Dasar Logo Anda

Cara membuat logo sendiri diawali dengan penulisan ide dasar. Pada fase ini, luangkan waktu untuk sejenak merenungkan tentang latar belakang bisnis Anda. Kisah apa yang ada di baliknya? Solusi apa yang Anda tawarkan pada masyarakat? Karakter apa yang ingin Anda tunjukkan melalui logo?

Pertanyaan-pertanyaan itu memang terkesan sederhana, tapi berperan besar dalam kelangsungan proses pembuatan logo Anda. Memahami karakter bisnis dan target pasar adalah langkah kunci dalam setiap kegiatan pemasaran, termasuk dalam pembuatan desain logo. Jadi, tulis apa pun yang berkaitan dengan bisnis Anda sebagai acuan untuk melangkah ke step kedua.

 

Buat Konsep Awal Logo

Usai menulis deskripsi bisnis, cara membuat logo sendiri dilanjutkan dengan pembuatan konsep. Kami asumsikan bahwa Anda sudah memahami kriteria desain logo yang baik untuk bisnis dari artikel yang kami sarankan di atas. Perkaya informasi dengan mencari contoh-contoh logo populer beserta makna dan penilaiannya menurut para ahli.

Setelah mendapatkan cukup informasi, sekarang buat rancangan mengenai logo Anda sendiri. Ambil kertas dan pensil, kemudian buatlah bentuk-bentuk sederhana untuk mencerminkan bisnis Anda. Gabungkan berbagai bentuk simetris, teks, dan unsur-unsur lain yang ingin Anda tanamkan ke dalam logo. Buat beberapa konsep sekaligus sebelum proses eksekusi di tahap selanjutnya.

 

Buat Desain dengan Aplikasi Terbaik

Setelah memiliki konsep, eksekusi cara membuat logo sendiri dengan aplikasi desain favorit Anda. Untuk level pemula, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi instan seperti Canva atau logo maker lain berbasis web. Untuk level profesional, Corel Draw dan Adobe Illustrator adalah software terbaik yang kami rekomendasikan.

Bermodalkan konsep yang sudah Anda buat, tuangkan ide-ide Anda ke dalam lembar kerja aplikasi. Manfaatkan setiap fitur yang tersedia di sana, termasuk kombinasi warna dan efek-efek khusus. Dalam memilih warna, kombinasi ideal untuk sebuah logo sebaiknya tidak lebih dari 3 warna. Lanjutkan sampai Anda mendapatkan desain logo yang sesuai dengan keinginan Anda.

 

Pentingnya Uji Coba dalam Cara Membuat Logo Sendiri

Logo yang Anda buat ditujukan untuk publikasi, sehingga sudut pandang masyarakat pun perlu Anda pertimbangkan. Logo ideal menurut ukuran Anda belum tentu menarik di mata orang lain, terutama di segmen pasar yang menjadi target prospek Anda. Maka, uji coba kualitas logo adalah langkah penting yang tidak boleh Anda lewati. Minta pendapat dari orang lain dan buat kuesioner untuk pelanggan. Langkah ini sangat penting sebagai tahap akhir dalam cara membuat logo sendiri.