MOU Pembuatan Website

MOU Pembuatan Website? Penting Untuk Anda Simak Uraian Ini!

MOU pembuatan website? Pada umumnya, MOU atau surat perjanjian kerja sama merupakan suatu nota tentang kesepakatan yang sudah dibuat dan juga disepakati oleh semua pihak. Dimana isinya terdiri dari beberapa pasal dan ayat tentang bagaimana kerja sama selanjutnya yang dijalani pada waktu yang berikutnya. Dalam surat perjanjian kerja sama pembuatan website, tentunya anda harus memahami tentang beberapa hal penting berikut ini.

1. Pihak Perjanjian

Hal yang paling pertama dan harus diperhatikan oleh anda dalam surat perjanjian kerjasama pembuatan website adalah anda harus mencari tahu tentang pihak-pihak yang gabung dalam perjanjian tersebut. Seperti yang kita ketahui bersama kalau MOU adalah salah satu bentuk dokumen yang akan mengatur kesepakatan dari pihak.

Apapun bentuk dari perjanjian yang ada, anda tetap akan menjelaskan dengan cara yang detail tentang pihak mana yang akan mengikuti kerjasama tersebut. Anda juga harus memastikan kalau pihak yang mengikuti MOU pembuatan situs web sudah mempunyai kecakapan telah didasari oleh Pasal 1320 KUHPerdata.

2. Durasi Pengerjaan

MOU pembuatan website juga sangat berpengaruh dengan adanya durasi pengerjaan. Sebuah perusahaan tentunya memiliki tujuan tersendiri dalam membuat suatu website. Seringkali ini akan dijualkan maupun dipasarkan ke target konsumen hingga sesuai dengan apa yang menjadi perencanaannya.

Maka dari itu, dalam proses pembuatannya programing atau develop yang berada di bidang pengembangan website harus cepat. Sebab, ini bisa mengakibatkan proses pemasaran yang melambat, marketing tertunda hingga bisa kehilangan beberapa momentum yang berasal dari penjualan.

3. Biaya dan Mekanisme Pembayaran

Apabila lingkup pekerjaan sedikit serta nilai transaksinya kecil, tersedia develop yang membayar ketika pekerjaan telah selesai, namun tak diserahkan dengan resmi oleh perusahaan. Jika nilai dari transaksi cukup besar, umumnya mekanisme dari pembayaran dibuat dalam beberapa tahap, dimana ini hanya tergantung dari pekerjaan yang ingin diselesaikannya.

Jika anda memakai jasa lokal, seperti jasa pembuatan suatu website bandung, mungkin biayanya akan makin kecil. Itulah sebabnya anda harus memperhatikan dengan MOU membuat situs web karena ini akan mengakibatkan peningkatan terhadap biaya jasa lokal.

4. Jaminan

Jaminan sangat penting bagi anda yang ingin menjalankan MOU pembuatan website. Dalam hal ini, anda dapat menjelaskan dengan singkat, padat dan jelas tentang jangka waktu dari garansi yang telah diberikan serta tanggung jawab dari pihak kedua apabila terjadi beberapa masalah dalam proses pembuatannya. Selain itu anda juga bisa menuliskan dengan jelas tentang apa saja yang tersedia di dalam jaminan atau garansi.

5. Kerahasiaan

Yang paling terakhir dan sangat diharuskan untuk anda perhatikan dalam surat perjanjian pembuatan website adalah kerahasiaan. Apabila anda telah memutuskan buat menunjuk develop eksternal untuk mengembangkan suatu website bagi sebuah perusahaan yang ada. Sebuah website akan terdiri dari beragam macam data di dalamnya hingga membutuhkan tingkat kerahasiaan yang tinggi.